Selasa, 20 Desember 2011

Kehidupan Intelektual Kaum Quraisy

Sekalipun Jazirah Arabia, terutama Hijaz dan Najd, terencil dari dunia luar, namun mereka memiliki daya intelektual yang cerdas. Bukti dari kecerdasan mereka dapat dilihat dari berbagai peninggalan mereka, baik dalam bidang politik, ekonomi, dan sosial. Bukti kecerdasan akal mereka dalam ilmu pengetahuan dan seni bahasa, dapat dikemukakan sebagai berikut:
1. Ilmu Astronomi
Bangsa Kaidan (Babilon) adalah guru dunia bagi ilmu astronomi. mereka telah menciptakan ilmu astronomi dan membina asas-asasnya. Pada waktu tentara Persia menyerbu negeri Babilon, sebagian besar mereka termasuk ahli ilmu astronomi mengungsi ke negeri-negeri Arab. Dari merekalah orang Arab mempelajari ilmu Astronomi.
2. Ilmu Mitologi
Ini semacam ilmu mengetahui beberapa kemungkinan terjadinya peristiwa (seperti perang, damai, dansebagainya, yang berdasarkan pada bintang-binntang. Sepertinya halnya orang purba, mereka pun menuhankan bintang-bintang, matahari, dan bulan. Atas pemberian tahu dari tuhannya maka mereka mengetahui segala sesuatu.
3. Ilmu Tenung
Ilmu tenung juga berkembang pada mereka dan ilmu ini dibawa oleh bangsa Kaldan ( Babilon) ke tanah Arab. Kemudian ilmu tenung berkembang sangat luas dalam kalangan mereka.
4. Ilmu Thib (Kedokteran)
Ilmu ini berasal dari bangsa Kaldan (Babilon). Mereka mengadakan percobaan penyembuhan orang-orang sakit, yaitu menempatkan orang-orang sakit di tepi jalan, kemudian mereka menanyakan kepada siapapun yang melalui jalan tersebut mengenai obatnya, lalu dicatat. Dengan percobaan terus menerus akhirnya mereka mendapatkan ilmu pengobatan bagi orang-orang sakit.
Pada awalnya pengobatan dilakukan oleh tukang tenung, kemudian dukun (tabib), hingga akhirnya berkembang. Ilmu kedokteran dari bangsa Babilon diambil bangsa lain, termasuk oleh bangsa Arab, sehingga ilmu tersebut berkembang di kalangan Bangsa Arab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar