يَا بَنِيْ
إِسْرَائِيْلَ اذْكُرُوْا نِعْمَتِيَ الَّتِيْ أَنْعَمْتُ عَلَيْكُمْ وَ أَوْفُوْا
بِعَهْدِيْ أُوْفِ بِعَهْدِكُمْ وَ إِيَّايَ فَارْهَبُوْنِ
(40) Wahai Bani Israil : Ingatlah nikmatKu yang telah
Aku karuniakan kepada kamu dan penuhilah janjimu, agar Aku penuhi (pula)
janjiKu, dan sernata-mata kepadaku sajalah kamu takut.
وَ آمِنُوْا
بِمَا أَنزَلْتُ مُصَدِّقاً لِّمَا مَعَكُمْ وَلاَ تَكُوْنُوْا أَوَّلَ كَافِرٍ
بِهِ وَلاَ تَشْتَرُوْا بِآيَاتِيْ ثَمَنًا قَلِيْلاً وَإِيَّايَ فَاتَّقُوْ
(41) Dan percayalah kepada apa yang Aku turunkan, yang
bersetuju dengan apa yang ada sertamu, dan janganlah kamu jadi orang yang mula
sekali mengkufurinya. Dan janganlah kamu jual ayat-ayatKu dengan harga yang
sedikit; dan semata-mata kepadaKu sajalah kamu bertakwa.
وَلاَ
تَلْبِسُوا الْحَقَّ بِالْبَاطِلِ وَ تَكْتُمُوا الْحَقَّ وَ أَنتُمْ تَعْلَمُوْن
(42) Dan janganlah kamu campuradukkan yang benar
dengan yang batil dan kamu sembunyikan kebenaran, padahal kamu mengetahui.
وَ
أَقِيْمُوْا الصَّلاَةَ وَ آتُوا الزَّكَاةَ وَ ارْكَعُوْا مَعَ الرَّاكِعِيْن
(43) Dan dirikanlah sembahyang dan berikanlah zakat,
dan ruku'lah bersama orang-orang yang ruku'.
أَتَأْمُرُوْنَ
النَّاسَ بِالْبِرِّ وَ تَنْسَوْنَ أَنْفُسَكُمْ وَ أَنْتُمْ تَتْلُوْنَ
الْكِتَابَ أَفَلاَ تَعْقِلُوْن
(44) Apakah kamu suruh manusia berbuat kebajikan, akan
kamu lupakan dirimu (sendiri) pada hal kamu membaca kitab; apakah tidak kamu
pikirkan ?
وَ
اسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَ الصَّلاَةِ وَ إِنَّهَا لَكَبِيْرَةٌ إِلاَّ عَلَى
الْخَاشِعِيْن
(45) Dan mohonlah pertolongan dengan sabar dan
sembahyang. Dan sesungguhnya hal itu memang amat berat, kec°uali. atas
orang-orang yang khusyu.
اَلَّذِيْنَ
يَظُنُّوْنَ أَنَّهُمْ مُّلاَقُوْ رَبِّهِمْ وَ أَنَّهُمْ إِلَيْهِ رَاجِعُوْن
َ(46) (yaitu) orang-orang yang
sungguh percaya, bahwasanya mereka akan bertemu dengan Tuhan mereka, dan
bahwasanya mereka akan kembali kepadaNya.
Dakwah Kepada Bani
Israil
Sebagai telah kita maklumi pada keterangan-keterangan
di atas selain dari persukuan Arab Bani Aus dan Bani Khazraj, maka ada pula
penduduk Madinah dari pemeluk agama Yahudi. Mereka bukanlah bangsa Arab
keturunan Qahthan atau Adrian.
Tetapi mereka adalah keturunan dari Nabi Ya'qub a.s , Ya'qub putra dari Ishak
a. s. dan Ishak putra dari Ibrahim a.s., semuanya adalah Rasul Allah.
Beliau beranak laki-laki 12 orang , di antaranya Nabi Yusuf a.s. Maka
berkembang-biaklah anak keturunan Nabi Ya'qub a. s. yang 12 orang ini. Gelar
kehormatan yang diberikan Tuhan kepada Nabi Ya'qub a. s. ialah Israil. Ll di
ujung itu ialah bahasa Ibrani yang artinya Allah. Israil kononnya berarti Amir
pejuang bersama Allah.
Bani Israil menerima Taurat dari Musa a. s.. Lama-lama timbullah pada mereka
kesan bahwasa nya agama yang mereka pusakai dari nenek-moyang mereka itu yang
dirumuskan dalam Taurat Nabi Musa a.s. dan Nabi-nabi yang lain sesudah Musa
a.s., adalah khusus buat mereka belaka. Di antara 12 suku Bani Israil itu, yang
terbesar adalah keturunan suku anak yang kedua, yaitu Yahuda. Lama kelamaan
menjadi kebiasaanlah mereka menyebut diri Yahudi dan agama mereka agama Yahudi,
yang dibangsakan kepada Yahuda itu. Padahal yang lebih tepat, supaya semuanya
tercakup ialah kalau disebutkan Bani Israil.
Maka selain dari dakwah untuk orang Arab, Qahthan dan Adnan, Nabi Muhammad
s.a.w diperintahkan Tuhan menyampaikan dakwah kepada Bani Israil , persukuan
mereka yang besar di Madinah ketika itu adalah Bani Nadhir, Bani Qainuqa, Bani
Quraizhah dan lain-lain persukuan yang kecil-kecil.
Dengan pindahnya Nabi Muhammad s.a.w ke Madinah, rapatlah pergaulan dengan
mereka. Apatah lagi ketika itu kegiatan perdagangan ada di tangan mereka.
Mereka selalu bertemu di pasar. Dan telah dibuat perjanjian akan hidup
berdampingan secara damai.
Maka diperintahkan kepada Rasulullah supaya menyampaikan dakwah pula kepada
mereka.
يَا بَنِيْ إِسْرَائِيْلَ اذْكُرُوْا نِعْمَتِيَ الَّتِيْ أَنْعَمْتُ
عَلَيْكُمْ وَ أَوْفُوْا بِعَهْدِيْ أُوْفِ بِعَهْدِكُمْ وَ إِيَّايَ
فَارْهَبُوْنِ
"Wahai Bani Israil! Ingatlah nikmatKu yang telah Aku karuniakan
kepada kamu dan penuhilah janjimu agar Aku penuhi (pula) janjiKu, dan
semata-mata kepadaKu sajalah kamu takut. " (ayat 40).
Dihadapkanlah seruan kepada mereka, karena patutlah mereka yangterlebih dahulu
menerima kebenaran yang dibawa Muhammad s.a.w mengingat nikmat yang telah
dianugerahkan Allah kepada mereka. Di antara bangsa-bangsa yang sejaman dengan
mereka dahulunya, kepada merekalah dikhususkan Tuhan nikmat wahyu.
Sampai mereka dilepaskan dari perbudakan Fir'aun dan diberi tanah istimewa
pusaka nenek-moyang mereka Ibrahim a. s. dan Ishak a.s., dan berpuluh-puluh
banyaknya Nabi dan Rasul dibangkitkan dalam kalangan mereka.
Patutlah mereka mengingat nikmat itu dan dari sebab itu patut pulalah mereka
yang dahulu sekali menyatakan percaya pada Muhammad s.a.w. Di samping itu
disuruh mereka mengingat kembali janji khusus mereka dengan Allah. Meskipun
kitab Taurat sudah tidak ada aslinya lagi, namun janji itu masih bertemu, yaitu
bahwa mereka tidak akan mempersekutukan yang lain dengan Allah. Dan supaya
beriman kepada Rasul-rasul Allah yang datang menegakkan kepercayaan kepada
Allah Yang Maha Esa itu.
Dan dijanjikan pula kelak kemudian hari akan diutus pula searang Rasul dari
antara saudara mereka, yaitu Bani Ismail. Itulah Nabi Muhammad s.a.w sekarang
Nabi itu telah datang mernbawa ajaran persis ajaran yang telah mereka janjikan
dengan Allah itu pula, yaitu Tauhid mengesakan Tuhan. Patutlah mereka ingat
janji itu kembali.
Dan Tuhanpun telah berjanji pula dengan mereka, akan memberi mereka kemuliaan
di antara manusia dan bangsa-bangsa. Asal mereka tetap setia akan janji itu,
Tuhanpun akan memenuhi janjiNya pula. Dan kata Tuhan selanjutnya, kepadaKu
sajalah takut! Jangan takut kepada yang lain. Jangan segan menyatakan iman
kepada Muhammad karena ancaman dari ketua-ketua mereka, rabbi-rabbi dan ahbar
(pendeta-pendeta) mereka. Dan jangan segan menyatakan iman, karena takut akan
kalah pengaruh.
Kemudian dijelaskan lagi oleh Tuhan:
وَ آمِنُوْا بِمَا أَنزَلْتُ
"Dan percayalah kamu kepada apa yang Aku
turunkan. " (pangkal ayat 41)
Yaitu al-Qur'an yang diturunkan kepada Nabi Muhammad
s.a.w.
مُصَدِّقاً
لِّمَا مَعَكُمْ
"Yang bersetuju dengan apa yang ada sertamu.
"yaitu kitab Taurat.
Tika kamu tilik kembali isi Taurat, yang memerintahkan
kamu percaya kepada Allah Ta'ala atau Allah Yang Esa, jangan membuat berhala
untukNya dan hendaklah hormat kepada ibu bapakmu, jangan berzina, jangan
mencuri, jangan naik saksi dusta, niscaya kamu akan mengakui kebenaran
al-Qur'an yang memang itu pulalah pokok ajaran yang dibawanya.
وَلاَ
تَكُوْنُوْا أَوَّلَ كَافِرٍ بِهِ
"Dan janganlah kamu menjadi orang-orang yang mulamula
mengkufurkannya. "
Karena kalau kamu kufuri, kamu tolak dan kamu tentangkan al-Qur'an itu, berarti
kamu menentang kitab yang ada dalam tanganmu sendiri :
وَلاَ تَشْتَرُوْا بِآيَاتِيْ ثَمَنًا قَلِيْلاً
"Dan janganlah kamu jual ayat-ayatKu dengan harga
yang sedikit. "
Artinya, karena mcngharapkan kemegahan, lalu kamu dustakan kebenaran ayat
Allah. Berapapun pangkat yang kamu dapat lantaran mendustakan kebenaran, namun
itu masihlah harga yang sedikit jika dibandingkan dengan kerugian rohani yang
kamu dapat.
وَإِيَّايَ فَاتَّقُوْ
"Dan semata-mata kepadaKu sajalah kamu bertakwa.
" (ujung ayat 41)
artinya semata-mata perhubungan dengan Allahlah yang patut kamu pelihara clan
perbesarlah perasaan tanggungjawabmu dengan Tuhan. Karena kesegananmu menerima
kebenaran, lain tidak hanyalah karena kamu hendak memelihara perhubungan dengan
kepala-kepala dan ketua-ketua kamu, padahal kepala-kepala dan ketuaketua itu
tidak akan dapat melepaskan kamu daripada bahaya yang akan ditimpakan Allah
kepada kamu.
وَلاَ تَلْبِسُوا الْحَقَّ بِالْبَاطِلِ وَ تَكْتُمُوا الْحَقَّ وَ أَنتُمْ
تَعْلَمُوْن
"Dan janganlah kamu campur-adukkan yang benar
dengan batil dan kamu sembuyikan kebenaran, padahal kamu mengetahui. "
(ayat 42).
Rasul akan datang dari kalangan saudara sepupu mereka Bani Ismail.
Tanda-tandanya sudah jelas dan sekarang tanda itu sudah bertemu. Tetapi
pemuka-pemuka agama mereka melarang pengikut mereka percaya kepada Rasul s.a.w
karena kata mereka dalam Kitab-kitab Nabi-nabi mereka itu tersebut juga bahwa
akan ada Nabi-nabi palsu.
Lalu mereka katakan kepada pengikut-pengikut itu bahwa ini adalah Nabi palsu.
Bukan Nabi yang dijanjikan itu. kalau pengikut mereka datang bertanya, mereka
sembuyikan kebenaran, dan kitab mereka sendiri mereka tafsirkan lain dari
maksudnya semula, padahal mereka telah mengetahui bahwa memang Muhammad s.a.w
itulah Nabi dari Bani Ismail yang ditunggu-tunggu itu. Untuk mempertahankan
kedudukan, mereka telah sengaja mencampur-adukkan yang benar dengan yang salah,
dan menyembunyikan yang sebenarnya.
Ayat 41 untuk peringatan bagi orang-orang awam mereka dan ayat 42 untuk peringatan
bagi pemuka-pemuka agama mereka.
وَ أَقِيْمُوْا الصَّلاَةَ وَ آتُوا الزَّكَاةَ وَ ارْكَعُوْا مَعَ
الرَّاكِعِيْن
"Dan dirikanlah sembahyang dan berikanlah
zakat, dan rukulah bersama-sama orang-orang yang ruku. " (ayat 43)
Setelah diperingatkan kepada mereka
kesalahan-kesalahan dan kecurangan mereka yang telah lalu itu, sekarang mereka
diajak membersihkan jiwa dan mengadakan ibadat tertentu kepada Allah, dengan
mengerjakan sembahyang, dan mengeluarkan zakat. Dengan sembahyang, hati
terhadap Allah menjadi bersih dan khusyu dan dengan mengeluarkan zakat,
penyakit bakhil menjadi hilang dan timbul hubungan batin yang baik dengan
masyarakat, terutama orang orang fakir-miskin, yang selama ini hanya mereka
peras tenaganya, dan mana yang terdesak mereka pinjami uang dengan memungut
riba.
Apabila Tuhan Allah telah memerintahkan supaya iman kepada keesaan Allah itu
lebih di dalamkan dengan mengerjakan sembahyang, kemudian dengan mengeluarkan
zakat, maka akan tumbuhlah iman itu dengan suburnya. Karena ada juga orang yang
telah mengaku beriman kepada Allah tetapi dia malas sembahyang. Berbahayalah
bagi iman itu, karena kian lama dia akan runtuh kembali. Dan hendaklah dididik
diri bermurah hati dengan mengeluarkan zakat; karena bakhil adalah musuh yang
terbesar dari iman. Apabila berperangai bakhil, nyatalah orang itu tidak
beriman !
Kemudian mengapa disuruh lagi ruku' bersama dengan orang yang ruku' ? Tidakkah
cukup dengan perintah sembahyang saja ? Apakah ini bukan kata berulang ?
Bukan ! Ada juga orang yang berfaham bahwa asal aku sudah sembahyang sendiri di
rumahku, tidak perlu lagi aku campur dengan orang lain. Itulah yang salah !
Sembahyang sendiripun belum sempurna, tetapi rukulah bersama-sama dengan orang
yang ruku', bawalah diri ke tengah masyarakat. Pergilah berjama'ah !.
Maksud yang kedua, arti ruku ialah khusyu'. Jangan hanya sembahyang asal
sembahyang, sernbahyang mencukupi kebiasaan sehari-hari saja, tidak dijiwai
oleh rasa khusyu' dan ketundukan.
Inilah yang diserukan kepada Bani Israil yakni agar mereka
teruskan saja agama yang diajarkan Musa a.s. kepada lanjutannya, yaitu yang
diteruskan oleh Muhamrnad s.a.w agar mereka menjadi Muslim, menyerah diri
kepada Tuhan, dan hiduplah sebagai Muslim yang sejati.
Kemudian itu Allah meneruskan lagi sabdaNya kepada
Bani Israil dengan mengingatkan
kesalahan selama ini :
أَتَأْمُرُوْنَ النَّاسَ بِالْبِرِّ وَ تَنْسَوْنَ أَنْفُسَكُمْ وَ أَنْتُمْ
تَتْلُوْنَ الْكِتَابَ أَفَلاَ تَعْقِلُوْن
"Apakah kamu suruh manusia berbuat kebajikan dan
kamu lupakan dirimu (sendiri), padahal kamu membaca kitab, apakah kamu tidak
pikirkan?" (ayat 44).
Teguran keras ini adalah kepada pemuka-pemuka dan pendetapendeta mereka. Bukan
main keras larangan mereka : "Ini haram !" Bukan main keras perintah
mereka : "Ini wajib", seakan-akan merekalah yang empunya agama itu,
padahal diri mereka sendiri mereka lupakan. Hanya mulut mereka yang keras
mempertahankan agama untuk dipakai oleh orang lain, adapun untuk diri mereka
sendiri, tidak usahlah dipersoalkan; padahal mereka membaca kitab, hafal nomor
ayatnya, ingat pasalnya, bahkan salah titik dan salah baris sedikit saja,
mereka tahu. Tetapi apa isi dan intisari dari kitab itu, apa maksudnya yang
sejati, tidaklah mereka mau mengetahui dan tidak mereka pikirkan.
Inilah penyakit pemuka-pemuka atau yang disebut pendeta atau ahbar mereka pada
waktu itu. Dengan keras mengoyak mulut mempertahankan apa yang rnereka katakan
agama, padahal sudah tinggal hanya mempertahankan kata (textbook), tetapi tidak
ada paham mereka sama sekali akan maksud. Paham menjadi sempit dan fanatik,
takut akan perubahan, dan gentar mendengar pendapat baru. Maka datanglah
teguran : Apakah tidak kamu pikirkan ? Atau lebih tegas lagi; Apakah kamu tidak
tidak mempergunakan akalmu ?
Dengan ini Tuhan telah memberikan terguran bahwa iman
yang sebenarnya, melainkan iman yang tumbuh dari hati sanubari. Sebab itu jika
ayat ini tertentu kepada pemuka Yahudi pada mulanya, namun dia telah direkam
dalam al-Qur'an untuk ingatan kita. Jangan sampai kita membacanya, lalu Yahudi
yang terbayang di hadapan kita, tidak diingat bahwa Islam sendiripun akan
runtuh dari dalam, kalau iman sudah hanya jadi hafalan mulut, tidak rumpunan
jiwa.
وَ اسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَ الصَّلاَةِ
"Dan mohonlah pertolongan dengan sabar dan
sembahyang. " (pangkal ayat 45).
Dipesankan dalam rangka nasehat kepada pemuka-pemuka Yahudi, sebagai merangkul
mereka ke dalam suasana Islam, supaya meminta tolong kepada Tuhan, pextama
dengan sabar, tabah, tahan hati dan teguh, sehingga tidak berkucak bila datang
gelombang kesulitan.
Maka adalah sabar sebagai benteng. Dengan sembahyang,
supaya jiwa itu selalu dekat dan lekat kepada Tuhan. Orang yang berpadu di
antara sabarnya dengan sembahyangnya, akan jernihlah hatinya dan besar jiwanya
dan tidak dia akan rintangan dengan perkara-perkara kecil dan tetek-bengek.
Percobaan yang harus kita tempuh dalam menyeberangi kehidupan ini kadang-kadang
sangatlah besarnya. Sehingga jiwa harus kuat dan pendirian harus kokoh. Sebab
itu untuk memintakan agar selalu mendapat pertolongan dari Tuhan, agar kita
dikuatkan menghadapi kesulitan itu, tidaklah botch terpisah di antara keduanya
ini. Sabar dan Shalat yaitu membuat hati jadi tabah dan selalu mengerjakan
sembahyang.
Ingatlah betapapun menyabarkan hati., kadang-kadang karena beratnya yang
dihadapi, jiwa bisa bergoncang juga. Maka dengan sembahyang khusyu
sekurang-kurangnya 5 waktu sehari semalam, hati yang tadinya nyaris lemah
niscaya akan kuat kembali.
Maka sabar dan sembahyang itulah alat pengokohkan pribadi bagi orang Islam.
Sebab selalu terjadi di dalam kehidupan, suatu marabahaya yang kita hadapi
sangatlah sakitnya, kadang-kadang tidak tertanggung, padahal kemudian, setelah
marabahaya itu lepas, barulah kita ketahui bahwa bahaya-bahaya yang kita lalui
itu adalah mengakibatkan suatu nikmat yang amat besar bagi diri kita sendiri.
Yang saya katakan ini adalah pengalaman berkali-kali, baik bagi diri saya
ataupun diri tuan.
Dalam cerita Nabi Ibrahim a.s. (kelak pada ayat 124
Surat al-Baqarah ini) kita akan bertemu kenyataan itu. Beliau diuji dengan
berbagai ujian , dan setelah dengan segala kesabaran ditempuhnya ujian itu dan
diseberanginya, diapun diangkat menjadi IMAM. Kehidupan Nabi-nabi adalah
contoh teladan yang harus diambil orang yang beriman.
Tetapi ayat selanjutnya mengatakan:
وَ إِنَّهَا لَكَبِيْرَةٌ
"Dan sesungguhnya hal itu memang berat. "
Yang dimaksud ialah sembahyang; bahwa mengerjakan sembahyang itu amat berat.
Orang disuruh sabar, padahal hatinya sedang susah. Lalu dia disuruh sembahyang;
maka dengan kesalnya dia menjawab: "Hati saya sedangsusah, saya tidak bisa
serrrbahyang. "Mengapa dia merasa berat sembahyang ? Sebab jiwanya masih
gelap, sukarlah menerima nasehat supaya sabar dan sembahyang. Kalau nasehat
yang benar itu ditolaknya, tidaklah dia akan terlepas dari kesukaran yang
tengah dihadapinya. Lalu datang penutup ayat :
إِلاَّ عَلَى
الْخَاشِعِيْن
"Kecuali bagi rnang-orang yang khusyu'. "
(ujung ayat 45)
Khusyu artinya tunduk, rendah hati dan insaf bahwa kita ini adalah hamba Allah.
Dan Allah itu cinta kasih kepada kita. NikmatNya lebih banyak daripada
cobaanNya. Saat kita menerima nikmat lebih banyak daripada saat menerima susah.
Lantaran yang demikian itu, jika diajak supaya sabar dan sembahyang, orang yang
khusyu itu tidak bertingkah lagi. Sebab dia insaf bahwa memang keselamatan
jiwanya amat bergantung kepada betas kasihan Tuhannya. Jika datang percobaan
Tuhan, bukanlah dia menjauhi Tuhan, tetapi bertambah mendekatiNya.
Dan siapakah orang yang bisa menjadi khusyu ?
اَلَّذِيْنَ يَظُنُّوْنَ أَنَّهُمْ مُّلاَقُوْ رَبِّهِمْ وَ أَنَّهُمْ إِلَيْهِ
رَاجِعُوْنَ
"Yaitu orang-orang yangsungguh percaya,
bahwasarrya mereka akan bertemu dengan Tuhan mereka, dan bahwasanya kepadaNya
mereka akan kembali. " (ayat 46).
Untuk menambahkan khusyu hendaknya kita ingat, sampai menjadi keyakinan,
bahwasanya kita ini datang ke dunia atas kehendak Tuhan dan akan kembali ke
akhirat dan akan bertemu dengan Tuhan. Di hadapan Tuhan akan kita pertanggung
jawabkan semua amal dan usaha kita selama di dunia. Maka dari sekarang
hendaklah kita latih diri mendekati Tuhan. Ibaratnya ialah sebagai apa yang
disebut di jaman sekarang dengan kalimat relasi (relation). Datang tiba-tiba
saja kita berhadapan dengan Tuhan, padahal makrifat terlebih dahulu tidak ada,
dan hubungan kontak jarang sekali, tentu akan membuat bingung, karena tidak ada
persiapan. Sampailah Imam Ghazali mengatakan bahwa jika kamu berdiri sembahyang
hendaklah sebelum kamu takbir kamu ingat seakan-akan itulah sembahyangmu yang
terakhir. Mungkin nanti engkau akan mati, sebab itu engkau khusyukan hatimu
menghadap Tuhan.
Inilah beberapa seruan kepada Bani Israil, untuk mengembalikan mereka kepada
pangkalan agama yang sejati. Sebab inti agama yang mereka peluk selama ini
itulah dia inti Islam dan marilah menjadi Islam. Kamulah yang lebih patut
mula-mula menyambutnya.
Dalam ayat ini bertemu kalimat yazhunnuuna, yang kita artikan "Mereka yang
sungguh percaya". Pokok ambilan kalimat ialah zhann yang menurut arti
asalnya ialah berat pikiran kepada satu jurusan dan belum yakin benar. Hasil ijtihad
di dalam seorang mujtahid menetapkan suatu hukum tidaklah ada yang yakin,
melainkan zhann saja.
Kalau yazhunnuuna [ يَظُنُّوْنَ ] dalam ayat ini kita artikan:
"Orang-orang yang telah berat sangkanya bahwa dia akan berjumpa dengan
Tuhannya, "niscaya tidaklah kena maksud iman. Sebab seorang mukmin
wajiblah yakin bahwa hari akan kiamat dan dia akan mempertanggungjawabkan
amalnya di hadapan Tuhan. Di dalam ayat 4 daripada Surat 2, alBaqarah
dijelaskan sifat-sifat orang yang takwa, yaitu orang yang yakin akan hari
akhirat.
Oleh sebab itu maka kebanyakan Ulama Tafsir memberi arti Yazhunnuuna, dengan
"mereka yang sungguh-sungguh percaya. "Bukan menurut artinya yang
asal, yaitu "orang-orang yang berat sangkanya".
Ibnu Jarir menegaskan dalam Tafsirnya: "Orang Arab kadangkadang menamai
yakin itu dengan zhann, sebagaimana juga mereka pernah menamai gelap dengan
sadafah dan terang dinamainya sadafah. Orang yang menyeru meminta tolong mereka
namai shaarikh , dan orang tempat memohonkan pertolongan itu kadang-kadang
mereka namai shaarikh juga. Dan ada lagi beberapa perumpamaan pemakaian
nama-nama yang lain, yaitu menamai sesuatu keadaan dengan lawannya."Sekian
kata Ibnu Jarir.
Memang terdapat dua tiga kali di dalam al-Qur'an, kata zhann artinya yakin. Di
antaranya terdapat dalam Surat 69, al-Haqqah ayat 20. Dan pernah juga terdapat
dua ayat berdampingan, keduanya memakai kalimat zhann, ayat yang pertama
berarti berat sangka saja. Dan ayat yang kedua berarti saya yakin. Yaitu jelas
tertulis di dalam Surat 17, al-Isra' ayat 101 dan 102, menerangkan dialog
bertukar-kata di antara Fir'aun dengan Nabi Musa a. s., di ayat 101 Fir'aun
menyatakan perasaanya bahwa dia menyangka Nabi Musa a.s. seorang tukang sihir.
Sedang di ayat 102 Musa. a.s. membalas, menyatakan bahwa dia yakin bahwa
Fir'aunlah yang akan kena bencana kemurkaan Tuhan.